PROGRAM STUDI
PROFIL LULUSAN
KURIKULUM
GELAR
DOSEN
WAKTU KULIAH
PROGRAM STUDI
Visi
“Menjadi Program Studi Unggul didasari nilai-nilai Prophetic dalam menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di tingkat Nasional yang memiliki kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Sosial dan berjiwa Entrepreneur berbasis Kearifan Lokal”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bermutu untuk menghasilkan magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial unggul dan kompetitif dalam pengembangan teori dan inovasi iptek berbasis pendidikan ilmu pengetahuan sosial.
- Mengembangkan dan menyelenggarakan pelaksanaan pembelajaran pendidikan ilmu pengetahuan sosial dengan memanfaatkan aplikasi teknologi informasi.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sebagai bagaian dari proses inovasi, entrepreunership, pemantapan dan pemanfaatan ilmu untuk masyarakat khususnya yang berkaitan dengan pendidikan ilmu pengetahuan sosial.
- Mengintegrasikan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam seluruh aspek pengembangan ilmu dan teknologi berbasis IPS menuju kematangan ahlak, kematanganprofesional, mandiri dan kepekaan sosial tinggi.
Ketua Program Studi,
Prof. Dr. Hj. Suswandari, M.Pd.
PROFIL LULUSAN
1 | Pemerhati masalah masalah sosial humaniora | Pemerhati masalah sosial humaniora yang memiliki analisis kritis, obyektif, jujur dengan keluhuran perilaku dan menjadi kader Muhammadiyah, kader umat dan kader bangsa yang siap untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. |
2 | Pendidik Profesional PIPS | Pendidik profesional di bidang Pendidikan IPS untuk tingkat SD, SMP, SMP dan Perguruan Tinggi yang mampu mengembangkan proses pembelajaran yang berlandaska Al- Islam Kemuhammadiyahan. |
3 | Konsultan Pendidikan Ilmu Sosial | Lulusan yang mampu memberikan jasa profesional kepada guru lain, sekolah dan masyarakat di bidang pendidikan IPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan pendidikan yang berlaku. |
4 | Peneliti Pendidikan IPS | Lulusan yang mampu mengungkapkan pemikirannya berdasarkan hasil peneliti/kajian di bidang Pendidikan IPS/Ilmu Ilmu Sosial |
5 | Entrepreneur berbasis nilai nilai kearifan lokal | Lulusan yang mampu menemukan solusi terhadap berbagai permasalahan sosial dalam bentuk teori, praktik yang berjiwa entrepreneur berbasis niali-nilai kearifan lokal. |
KURIKULUM
SEMESTER I (11 sks) | |||
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 09077001 | Filsafat Ilmu dan Teknologi | 2 |
2 | 09077003 | Hakekat IPS* | 2 |
3 | 09077004 | Desain Kurikulum dan Kebijakan PIPS* | 2 |
4 | 09077010 | Metode Kuantitatif dan Statistik* | 3 |
5 | 09077014 | Kewirausahaan | 2 |
JUMLAH | 11 | ||
SEMESTER II (12 sks) | |||
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 09077002 | Filsafat Kemuhammadiyahan | 2 |
2 | 09077005 | Manajemen Pendidikan IPS* | 3 |
3 | 09077006 | Teori-teori Sosial* | 2 |
4 | 09077009 | Assesment Pembelajaran IPS* | 2 |
5 | 09077011 | Metode Kualitatif | 3 |
JUMLAH | 12 | ||
SEMESTER III (11 sks) | |||
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 09077007 | Kajian Problematika Pendidikan IPS | 3 |
2 | 09077008 | Desain Inovasi Pembelajaran IPS | 2 |
3 | 09077009 | Kajian Multikulturalisme dan Kearifan Lokal | 2 |
4 | 09077013 | Transformasi Sosial Budaya | 2 |
5 | 09077015 | Seminar Proposal Tesis | 2 |
JUMLAH | 11 | ||
SEMESTER IV (4 sks) | |||
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 09077016 | Tesis | 4 |
JUMLAH | 4 | ||
TOTAL SKS | 38 |
GELAR
Magister Pendidikan (M.Pd.)
DOSEN
Prof. Dr. Abdul Rahman Ghani, S.H, M.Pd.
Guru Besar
Kualifikasi Akademik S-1, S-2, S-3, dan Asal PT | Bidang Keahlian/Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Fokus Riset Penelitian/PkM |
S1: Universitas Muhammadiyah Jakarta S2: Universitas Negeri Yogyakarta S3: Universitas Negeri Jakarta | S1: Ilmu Hukum S2: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S3: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
| Asessmen Pembelajaran |
Guru Besar
Kualifikasi Akademik S-1, S-2, S-3, dan Asal PT | Bidang Keahlian/Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Fokus Riset Penelitian/PkM |
S1: IKIP Yogyakarta S2: Universitas Negeri Yogyakarta S3: Universitas Pendidikan Indonesia | S1: Pendidikan Sejarah S2: Pendidikan IPS S3: Pendidikan IPS | Etnisitas, Gender, dan Multikultural |
Lektor Kepala
Kualifikasi Akademik S-1, S-2, S-3, dan Asal PT | Bidang Keahlian/Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Fokus Riset Penelitian/PkM |
S1: IKIP Muhammadiyah Jakarta S2: Universitas Negeri Jakarta S3: Universitas Pendidikan Indonesia | S1: Pendidikan Sejarah S2: Pendidikan Sejarah S3: Pendidikan Ilmu Sosial | Kajian IPS dalam Kebijakan Pendidikan dan Historiografi |
Lektor Kepala
Kualifikasi Akademik S-1, S-2, S-3, dan Asal PT | Bidang Keahlian/Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Fokus Riset Penelitian/PkM |
S1: IKIP Muhammadiyah Jakarta S2: Universitas Negeri Jakarta S3: Universitas Pendidikan Indonesia | S1: Pendidikan Sejarah S2: Pendidikan Sejarah S3: Pendidikan IPS | Perubahan Sosial dan Transformasi Sosial Budaya |
Lektor
Kualifikasi Akademik S-1, S-2, S-3, dan Asal PT | Bidang Keahlian/Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Fokus Riset Penelitian/PkM |
S1: IKIP Muhammadiyah Jakarta S2: Universitas Negeri Yogyakarta S3: Universitas Pendidikan Indonesia | S1: Pendidikan Sejarah S2: Pendidikan IPS S3: Pendidikan IPS | Desain Inovasi Pembelajarn IPS |
Dr. Eko Digdoyo, M.Hum.
Lektor
Kualifikasi Akademik S-1, S-2, S-3, dan Asal PT | Bidang Keahlian/Kompetensi Setiap Jenjang Pendidikan | Fokus Riset Penelitian/PkM |
S1: IKIP Muhammadiyah Jakarta S2: Univeristas Gadjah Mada S3: Universitas Pendidikan Indonesia | S1: Pendidikan Sejarah S2: Pendidikan Antropologi S3: Pendidikan PKN | Kajian Kewarganegaraan dan Sosial Humaniora |
WAKTU KULIAH
HARI | JAM |
Kamis | 16.00 – 21.00 |
Jumat | 16.00 – 21.00 |
Sabtu | 13.00 – 21.00 |
PERSYARATAN & BIAYA KULIAH
BEASISWA
BERITA
PERSYARATAN & BIAYA KULIAH
SYARAT PENDAFTARAN (S2)
- Membayar Biaya Formulir Rp350.000
- Mengisi Formulir Pendaftaran
- Mengikuti Tes Masuk PMB SPs UHAMKA
- Melampirkan Fotocopy
- FC KTP
- FC Kartu Keluarga (KK)
- Ijazah S1 (dilegalisir asli)
- Transkip Nilai (dilegalisir asli)
- Pasfoto 3×4 (5lbr)
- Biaya Kuliah
- BPP Rp. 6.500.000
- BOP/SPP Rp. 7.500.000
BEASISWA
BEASISWA KADER BERPRESTASI
Potongan BPP 50% dan Potongan BOP/SPP 25% ( untuk semester 1-4)
- Bagi Lulusan S1 PTM/A se Indonesia
- Bagi Guru, Karyawan Amal Usaha Muhammadiyah
BEASISWA PRESTASI
Potongan BOP/SPP 25% (untuk semester 1-2)
- Bagi Guru Sertifikasi
BERITA
BENCHMARKING PENGEMBANGAN KURIKULUM KE UNNES DAN UNY TANGGAL 1 – 4 FEBRUARI 2023
Dengan tema External Benchmarking Pengembangan Kurikulum dan Studi kontekstual pengembangan sumber belajar IPS/ Rumpun IPS di S2 PIPS UNNES dan S2 PIPS UNY, dan Penelusuran Jejak Sejarah Muhammadiyah di Kampung Kauman 1 s/d 4 Februari 2023 “ diikuti oleh dua orang dosen pendamping, satu tenaga tendik dan mahasiswa aktif/ alumni yang ada di Jakarta kurang lebih 24 orang. Kegiatan ini External Benchmarking Pengembangan Kurikulum dan Studi kontekstual pengembangan sumber belajar IPS/ Rumpun IPS di S2 PIPS UNNES dan S2 PIPS UNY, dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut :
- Memperkuat jalinan kerjasama Tri darma perguruan tinggi dengan prodi serumpun di luar kampus sendiri untuk dapat memperoleh ide ide baru dalam pengembangan program studi.
- Menganalisis proses pengembangan kurikulum S2 PIPS yang telah dilaksanakan oleh Prodi S2 PIPS Unnes dan UNY sebagai praktik baik peengembangan kurikulum S2 PIPS Se0kolah Pascasarjana UHAMKA
- Sharing pengalaman tata kelola program studi S2 PIPS dalam menghadapi tantangan perubahan pada Kurikulum Merdeka
- Pengembangan wawasan tantang strategi adaptasi pengelolaan S2 PIPS pada kebijakan Kurikulum Merdeka
- Pengembangan wawasan tentang sumber sumber pengajaran IPS essensial dan kotekstual yang ada di wilayah Semarang dan Yogyakarta
- Studi awal tentang keberadaan laboratorium IPS yang ada di tengah masyarakat.
Galery
© 2022 SPs UHAMKA